Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Kulit cantik - Cara mengatasi tumit pecah-pecah Dengan Mudah dan Aman - Perawatan kulit - Tips Kesehatan kulit - Masalah kulit sensitif

Kulit cantik – Cara mengatasi tumit pecah-pecah Dengan Mudah dan Aman – Perawatan kulit – Tips Kesehatan kulit

Kulit tumit yang pecah-pecah dapat mengganggu penampilan. Bahkan terkadang kondisi ini juga menyebabkan rasa sakit hingga berdarah. Oleh karena itu, kalian perlu tahu cara mengatasi tumit pecah-pecah agar tidak mengganggu anda lagi.

Tumit pecah-pecah biasanya diakibatkan karena terlalu kering. Kondisi ini biasanya disertai dengan warna ke kuningan atau coklat dan disertai menebal-nya kulit pada area sekitar tumit.

Tumit pecah-pecah bisa disebabkan karena cuaca, kebiasaan atau penyakit tertentu seperti diabetes. Berikut adalah cara mengatasi kulit pecah-pecah pada tumit.

Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Kulit cantik - Cara mengatasi tumit pecah-pecah Dengan Mudah dan Aman - Perawatan kulit - Tips Kesehatan kulit - Masalah kulit sensitif

Rajin Menggunakan Pelembab

Biasanya, alasan utama tumit pecah-pecah dikarenakan kondisi tumit yang terlalu kering. Oleh karena itu, kalian perlu menggunakan atau mengoleskan pelembap pada tumit. Pelembab ini bisa kalian dapatkan di klinik ataupun pasar swalayan.

Agar tidak bingung dalam memilihnya, berikut bahan-bahan kandungan yang bisa kalian gunakan.

  • Untuk retakan kecil dan agak menebal, kalian bisa memilih pelembap dengan kandungan proleum jelly, mineral oil, lanolin atau silikon.
  • Untuk kulit yang cukup menebal, kalian dapat memilih pelembab dengan kandungan asam salisilat, urea, asam alfahidroksi, isomerat sakarida, ataupun keratolitik.
  • Pilihlah krim dengan kadar kelembapan tinggi bahkan berminyak. Meski akan sangat lengket ketika dioles, krim tipe ini bagus untuk pecah-pecah.
  • Setelah memilih krim yang tepat, jangan lupa untuk mengoleskannya sekitar 2 hingga 3 kali sehari.
  • Tetapi bila kulit pecah-pecah mengalami infeksi, sebaiknya priksakan ke dokter. Dimana dokter akan memberikan antibiotik ataupun lem khusus untuk menutup celah retak pada bagian tumit.

Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Kalian juga dapat mengobati masalah kulit ini dari dalam dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Seperti yang kita telah ketahui, buah-buahan dan sayur mayur amatlah berguna untuk kesehatan tubuh kita. Baik kesehatan organ penting dan kesehatan fisik yang salah satunya adalah kulit.

Jenis vitamin dan minera penting untuk kulit: Vitamin A, B, E, C, D Selenium dan Seng, Asam Lemak Esensial, dan air.

Kulit cantik - Cara mengatasi tumit pecah-pecah Dengan Mudah dan Aman - Perawatan kulit - Tips Kesehatan kulit - Masalah kulit sensitif

Mengangkat Sel Kulit Mati

Cara mengatasi kulit tumit pecah-pecah selanjutnya adalah mengangkat sel kulit matinya. Melakukan pengangkatan sel kulit mati dapat membantu mengatasi kulit tumit yang menebal, kering dan pecah-pecah. Proses ini bisa kalian lakukan sendiri dirumah dengan mudah.

  • Rendam kaki dalam air hangat dengan tambahan garam sekitar 20 menit.
  • Angkat kaki dari air dan gosok dengan sabun untuk menghilangkan kulit yang menebal dan keras pada tumit.
  • Keringkan kaki dengan ditepuk-tepuk atau diangini. Hindari dengan cara digosok, karena dapat meningkatkan resiko keretakan pada tumit.
  • Setelah kering, oleskan dengan pelembab dan pakailah kaus kaki lembut agar ke lembapan bertahan lama.

Perbanyak Minum Air Putih

Selain dari luar, kalian juga bisa membantu menangani tumit pecah-pecah dari dalam, yaitu dengan memperbanyak minum air. Dimana dehidrasi bisa menyebabkan kulit kering dan mudah retak. Sebaiknya cobalah mengkonsumsi 8-7 gelas air putih setiap harinya.

Secara singkat, mengatasi kulit tumit pecah-pecah meliputi pemakaian pelembap dan menerapkan kebiasaan sehat seperti memenuhi asupan cairan.

Kulit cantik - Cara mengatasi tumit pecah-pecah Dengan Mudah dan Aman - Perawatan kulit - Tips Kesehatan kulit - Masalah kulit sensitif

Menggunakan Bahan-bahan Alami

Selain itu, kalian dapat mengatasi kulit tumit pecah-pecah dengan menggunakan bahan alami, seperti madu dan minyak kelapa yang memiliki berbagai khasit untuk kesehatan termasuk kulit anda. Apakah anda sudah pernah mencobanya?

  1. Madu dan minyak kelapa bisa kalian jadikan sebagai alternatif penggosok dalam proses mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan khusus untuk madu, kalian juga bisa menjadikannya masker kaki selama tidur.
  2. Kedua bahan ini dipilih karena sifat antimikrobanya. Dimana madu dapat melembabkan kulit sekaligus membantu menyembuhkan luka. Dan minyak kelapa bermanfaat untuk beragam masalah pada kulit, contohnya seperti kulit kering dan psoriasi.

Kenakan Kaus Kaki Saat Tidur

Anda dapat mengoleskrim pelembab dari dokter atau bahan alami sbelum tidur, lalu kenakan kaus kaki yang terbuat dari bahan katun. Hal ini akan menjaga kelembapan kulit, sedangkan bahan katun dapat membuat kulit kaki untuk tetap bernapas.

Inilah beberapa tips kulit atau mengatasi kulit tumit retak-retak yang dapat anda lakukan di rumah. Jika ada perubahan atau alergi atau malah bertambah buruk, sebaiknya anda melakukan konsultasi kepada dokter untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *